Selasa, 17 Maret 2009

Perencanaan Keuangan Keluarga itu Tanggung Jawab Bersama

Kita harus menyadari bahwa Perencanaan Keuangan Keluarga itu haruslah menjadi tanggungjawab bersama sebagai sebuah keluarga yang terdiri dari Bapak, Ibu dan Anak. Seorang suami haruslah mengajak sang istri untuk duduk bersama memikirkan rencana mereka ke depan sehingga keduanya dapat menyalami bersama apa sih yang harus mereka butuhkan baik menyangkut kebutuhan dana jangka pendek maupun panjang bahkan dana emergency, lalu apa sih yang harus mereka persiapkan, dan apa sih yang harus mereka lakukan.

Istri sebagai pendamping suami haruslah mendukung komitmen perencanaan keuangan keluarga yang telah dibikin, terutama dengan mengikuti pola pengeluaran hidup yang sejalan dengan rencana itu. Yah ibarat kata kita mau jadi orang yang smart lah...pintar memilah milah mana yang memang diperlukan, cari yang harganya ekonomis, cara pembayaran yang mudah dan murah. He..he..tujuannya untuk jadi orang yang bijak, hemat dan smart yah..terserah kalo orang lain bilang kita jadi orang pelit..he..he...tapi yang penting kita tidak kikir kan..he..he..Hayo coba pilih bergaya gayaan bak orang kaya tapi tagihan kredit card menumpuk dan tiap bulan gak bisa bayar full hanya dicicil doank atau bergaya yang wajar tapi punya tabungan....pilih mana?

Anak-anak yang merupakan Titipan Tuhan buat kita di dunia ini juga harus diajarkan sejak dini supaya mereka belajar untuk bertanggung jawab. Janganlah dituruti semua apa yang mereka minta, melainkan berikan uang jajan dan kebutuhannya dalam bentuk bulanan yang wajar supaya mereka belajar untuk mengatur keuangan sejak dini. Kalo tidak terpaksa jangan berikan kredit card, karena hal ini akan memancing mereka untuk melakukan pengeluaran konsumtif yang lebih besar. Coba aja anda analisa total pengeluaran anda sebelum dan sesudah memiliki kredit card. Cobalah bijak menggunakan kredit card hanya untuk keperluan tertentu dan dihitung berapa yang udah anda pakai....sehingga anda tidak akan terjebak dengan alat pembayaran yang satu ini. Ingat lo...Kredit Card akan berfungsi baik apabila kita baik dan bijak dalam menggunakannya. Kalo anak-anak bilang teman teman mereka punya kredit card....bilang aja ah dulu papa dan mama waktu sekolah dan kuliah juga gak punya kredit card...toh happy happy aja dan jadi punya seni untuk mengelola keuangan kita lo......nah di situlah anda harus menjelaskan kepada mereka. Jadi ingat seluruh komponen keluarga harus mendukung perencanaan keuangan keluarga!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar